Pemilihan Duta Bahasa 2013 Prov. Kep. Bangka Belitung

Kantor Bahasa di bawah naungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa merupakan salah satu pilar utama untuk melakukan pembinaan di bidang bahasa dan sastra. Lembaga ini berperan sangat penting untuk mengembangkan eksistensi bahasa dan sastra khususnya yang ada di setiap daerah yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu perpanjangan tangan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung mengadakan program Duta Bahasa Bangka Belitung tahun 2013 yang akan diselenggarakan di bulan September mendatang. Ajang pemilihan Duta Bahasa Bangka Belitung 2013 dimaksudkan untuk menjaring pemuda-pemudi Bangka Belitung yang mencintai bahasa dan sastra Indonesia secara umum sekaligus mencintai budaya daerah secara khusus.

Sasaran kegiatan yakni generasi muda yang memiliki rasa cinta dan peduli terhadap eksistensi Bahasa Indonesia dengan tetap melestarikan bahasa daerah, dan memiliki kecakapan bahasa asing yang mumpuni ini kembali diadakan tahun 2013.  Ajang tahun ini diikuti 17 peserta yang terdiri dari  9 peserta pria dan 8 peserta wanita. Sebelumnya total peserta terdiri dari 20 orang namun pada tanggal tes pertama yakni tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) terdapat 3 peserta yang tidak hadir dan dianggap mengundurkan diri.

Dengan pemilihan 3 juri yang mewakili bidangnya masing-masing yakni perihal bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing. Bapak Drs, Umar Solikhan,M.Hum. selaku kepala Kantor Bahasa Prov. Kep. Bangka Belitung mewakili rasa cinta terhadap bahasa Indonesia, Bapak Engkus Kuswenda dari Dinas Pariwisata Provinsi Kep. Bangka Belitung mewakili kecakapan bahasa daerah, dan Ibu Fenny Lita dari Episteme English Course mewakili kemampuan berbahasa asing.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 20 dan 21 September 2013 bertempat di auditorium hotel Puncak Pangkalpinang. lewat proses pemilihan yang ketat didapatkanlah 3 pasang pemenang yang mendapatkan perolehan poin tertinggi dari tahapan proses tes UKBI, wawancara bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa asing, dan presentasi makalah serta menjawab 3 pertanyaan final dari dewan juri. Juara 1 (Duta Bahasa) Eko Apriansyah (putra) & Primalita Putri Distina (Putri), Juara 2 (Wakil I Duta Bahasa) Ardiyanto (Putra) & Dian Utari (Putri), dan Juara 3 (Wakil II Duta Bahasa) Tommy Sah (Putra) & Dawie Tamara Fajarini (putri).

Semoga pemenang terpilih ini dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam eksistensi Bahasa Indonesia untuk tetap berdiri lebih tinggi diatas bahasa daerah dan tentunya bahasa asing. Bahasa Indonesia itu wajib, bahasa daerah itu pasti, bahasa asing itu perlu. #SalamDutaBahasa

Berikut para pemenang Duta Bahasa 2013 Prov. Kep. Bangka Belitung yang diadakan pada tanggal 21 Oktober lalu di Hotel Red Dot.

1. Duta Bahasa : Eko Afriansyah (putra) & Primalita Putri (putri)

2. Wakil I Duta Bahasa : Ardiyanto (putra) & Dian Utari (putri)

3. Wakil II Duta Bahasa : Tomi Sah (Putra) & Darie Tamara Fajarini (Putri)

 

Selamat kepada para pemenang, teruslah menjadi generasi muda yang mencintai, memahami, dan mengerti esensi bahasa indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing. Sukses untuk kita semua.

 

 

dubas13.. dubas13

dubas 13a dubas 13 b dubas 13 c duta bahasa

 

Video Singkat Pelaksanaan Pemilihan Duta Bahasa 2013 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s