Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Sebanyak 156 peserta yang terdiri dari guru SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat se-Kota Pangkalpinang dan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, kamis (28/7/2016) mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan tim UKBI dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 7 Hotel Puncak Pangkalpinang tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia bagi guru dan calon guru di Pangkalpinang. Dalam sambutannya Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Hidayatul Astar, M.Hum, mengatakan Bahasa Indosesia sangat diperlukan dalam kegiatan mengajar, oleh sebab itu guru diharapkan menggunakan bahasa Indonesia yang standar dan mudah dipahami oleh murid.

Menurut Ketua Panitia kegiatan dari Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Prima Hariyanto, S.Hum. menerangkan, kegiatan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) ini bertujuan untuk mengenalkan UKBI sebagai instrumen pengukuran kemahiran berbahasa kepada masyarakat khususnya yang berperan dalam dunia pendidikan.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Drs. Edison ini dilakukan dalam tiga sesi. Dalam sesi pertama peserta diuji dengan tes mendengarkan, kemudian dilanjutkan dengan tes sesi kedua yakni tes merespon kaidah, dan pada sesi terakhir peserta diberikan tes membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s