LOMBA BAHASA 2016 (Mei 2016)

Setelah sukses dalam pelaksanaan serangkaian lomba bahasa pada tahun 2015, kali ini Kantor Bahasa kembali menyelenggarakan lomba-lomba bahasa. Total hadiah yang disiapkan adalah Rp61.750.000
5 ragam lomba yang akan diadakan antara lain :
1. Tanggal 7 Maret 2016 -> Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Siswa SMA/Sederajat
2. Tanggal 10 Mareet 2016 -> Lomba Pewara bagi pegawai instansi
3. Tanggal 17 Maret 2016 -> Lomba Mengajar Berbahasa Indonesia bagi Guru SD/Sedeajat
4. Tanggal 21-22 Maret 2016 -> Lomba Debat Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa
5. Tanggal 28 Maret 2016 -> Cerdas Cermat Bahasa Indonesia bagi Siswa SMA/Sederajat.

 Semua lomba rencananya akan digelar di Hotel Puncak pangkalpinang.

“Sebagai hadiah tambahan dan utama, setiap juara pertama akan diikutsertakan pada ajang yang sama tingkat Sumatera yang akan berlangsung pada Mei mendatang di Nangroh Aceh Darussalam,”

Lomba Bahasa sebagai ajang unjuk kebolehan dalam kemampuan dan keterampilan dan berbahasa Indonesia. Tujuannya meningkatkan kemapuan bahasa Indonesia baik bagi siswa SMA, mahasiswa dan masyarakat umum dan telah menjadi kalender tahunan.

Untuk lomba debat, peserta merupakan tim yang terdiri dari tiga orang merupakan wakil dari perguruan tinggi dan peserta bukan merupakan pemenang 1 hingga 4 ajang sama tahun lalu. Sistem yang digunakan adalah sistem gugur dengan penghitungan poin yang didapat. 8 tim terbaik akan diundi untuk bertanding di babak final. Kesempatan hanya diberikan pada 16 tim pendaftar pertama, pendaftaran sendiri akan ditutup pada 13 Maret mendatang.

Pada cabang lomba Pidato, peserta merupakan utusan sekolah. Peserta diwajibkan membawa 4 rangkap naskah pidato saat lomba. Waktu yang diberikan antara 3 hingga 5 menit. Sedangkan pada tangkai lomba pewara, peserta merupakan PNS atau honorer pada sebuah intansi dalam wilayah provinsi babel. Kesempatan diberikan kepada 30 pendaftar pertama dengan menyerahkan biodata paling lambat 7 Maret.

Lomba lainnya adalah lomba mengajar, peserta adalah guru SD yang merupaakn perwakilan dari kabupaten/kota. Jumlahnya juga dibatasi hingga 30 orang saja. Pendaftaran bakal ditutup pada 15 Maret mendatang. Sedangkan lomba terakhir adalah lomba Cerdas Cermat. Lomba ini merupakan perwakilan dari kabupaten kota yang maksimal hanya bisa mengirim 4 tim saja. Setiap sekolah hanya diberi kesempatan mengirim satu tim.

Untuk keterangan lebih lanjut, kata Feri, bisa menghubungi panitia di Kantor Bahasa di Jalan Letkol Saleh Ode No 412 Bukit Merapin Pangkalpinang Telepon 0717 438445 (Terhitung mulai Maret 2016), Atau dapat mengunjungi akun facebook Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung, twiter K_BahasaBabel.(bgs)

 

*** Khusus peserta lomba pidato dan cerdas cermat, proses pendaftaran diwakili oleh Dinas Pendidikan setempat. (Pendaftaran kolektif langsung melalui sekolah ditampung selama peserta belum memenuhi kuota)
***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s