PEKAN BAHASA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2015

Latar Belakang

Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat sering diresahkan dengan beberapa permasalahan yang terjadi, baik dalam hal politik, ekonomi, maupun budaya. Bahasa juga tidak lepas dari permasalahan tersebut. Sebagai wilayah yang berbatasan dengan beberapa negara, sumatra perlahan-lahan juga diterpa permasalahan dengan memanfaatkan aspek kesamaragaman sejarah dan budaya, sehingga isu kemelayuan terkadang dimanfaatkan untuk menggoyang rasa nasionalisme masyarakat. Berkenaan dengan itu, pada tahun 2013, saat penyelenggaraan Seminar Nasional di Hotel Comfort, Tanjungpinang, Prof. Dr. Mahsun, M.S., Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyerukan bahwa isu kebahasaan (kemelayuan) menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa se-Sumatra untuk dapat melaksanakan kegiatan bersama sewilayah barat demi menjaga perhatian masyarakat terhadap bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kemudian Kepala Balai dan Kantor Bahas sewilayah barat menyepakati untuk melaksanakan kegiatan Pekan Bahasa dan Sastra mulai dari tahun 2014. Pada tahun penyelenggaraan pertama pekan bahasa diadakan di Provinsi Kepulauan Riau sedangkan Pekan Sastra diadakan di Provinsi Riau. Pada pekan bahasa telah disepakati serangkaian kegiatan sebagai berikut.

  1. Pertemuan Duta Bahasa se-Sumatera
  2. Pertemuan wartawan penerima penghargaan bahasa
  3. Lomba mengajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk guru SD;
  4. Debat bahasa Indonesia untuk Mahasiswa
  5. Lomba pidato untuk siswa SLTA
  6. Lomba pewara untuk protokoler lembaga/Instansi pemerintah; dan
  7. Lomba cerdas cermat bahasa dan sastra Indonesia untuk Siswa SLTA.                                                                                                                                                                                                                                                                    Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung diberi nama Pekan Bahasa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015. Kegiatan ini mengangkat tema “Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Bangsa di daerah Perbatasan”.
  1. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menjalin hubungan yang lebih erat dengan sesama Kantor dan Balai Bahasa se-Sumatra dan juga dengan masyarakat melalui kegiatan kebahasaan. Selain itu dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk ;

  1. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap bahasa Indonesia;
  2. Menumbuhkembangkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia;
  3. Mengingatkan kembali peran penting bahasa Indonesia di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
  1. Kegiatan yang diadakan

Pekan Bahasa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015 dilaksanakan dalam rangkaian beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiswa se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  2. Lomba Cerdas Cermat Bahasa Indonesia Tingkat SLTA se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  3. Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa se-Provinsi Kep. Bangka Belitung
  4. Lomba Pewara untuk protokoler lembaga/Instansi pemerintah;
  5. Lomba Mengajar Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk Guru SD                                   Penyelenggara

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung dengan susunan panitia sebagai berikut.

  1. Penanggung jawab kegiatan : Drs. Umar Solikhan, M.Hum.                                                                               Peserta

Peserta pada kegiatan ini adalah semua peserta yang telah mendaftarkan diri dan diterima dengan baik oleh panitia kegiatan dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Jumlah peserta pada kegiatan ini dirinci sebagai berikut.

  1. Lomba Debat Bahasa Indonesia : 16 tim (48 orang)
  2. Lomba Cerdas Cermat Bahasa Indonesia : 25 tim (75 orang)
  3. Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa : 70 orang
  4. Lomba Pewara : 50 orang
  5. Lomba Mengajar : 50 orang
  6. Tempat, Hari/Tanggal dan Waktu

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9—16 Mei 2015. Kegiatan dilaksanakan di tiga tempat, yaitu SMAN 4  Pangkalpinang, Hotel Puncak Pangkalpinang, dan Universitas Bangka Belitung.                  .

  1. Jadwal Kegiatan

Kegiatan Pekan Bahasa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015 akan dilaksanakn dengan jadwal sebagai berikut. Jadwal Pelaksanaan Pekan Bahasa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015 2-10 Mei 2015

No. Hari Tanggal Kegiatan Lokasi Keterangan
1 Sabtu 2 Mei 2015 Penyisihan lomba Cerdas Cermat Bahasa Indonesia Tingkat SMA SMAN 4 Pangkalpinang  Ketua Panitia Prima Hariyanto, S.Hum.
2. Minggu 3 Mei 2015 Babak Semifinal dan Final Lomba Cerdas Cermat Bahasa Indonesia Tingkat SMA SMAN 4 Pangkalpinang  Ketua Panitia Prima Hariyanto, S.Hum.
3. Senin 4 Mei 2015 Penyisihan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiswa Hotel Puncak Pangkalpinang  Ketua Panitia    Dwi Oktarina, S.S.
4. Selasa 5 Mei 2015 Penyisihan Lomba Pewara Penyisihan Lomba Mengajar Berbahasa Indonesia bagi Guru SD Hotel Puncak Pangkalpinang  Ketua Panitia    Dea Letriana Cesaria, S.Hum. Ketua Panitia Edwin Dwijaya, S.S.
5. Rabu 6 Mei 2015 Penyisihan Lomba mengajar Berbahasa Indonesia bagi Guru SD Hotel Puncak Pangkalpinang  Ketua Panitia Edwin Dwijaya, S.S.
6. Kamis 7 Mei 2015 Final Lomba Pidato, Pewara, Mengajar Hotel Puncak Pangkalpinang
7. Sabtu 9 Mei 2015 Penyisihan Lomba Debat Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa UBB  Ketua Panitia Feri Pristiawan, S.S.
8 Minggu 10 Mei 2015 Babak Semifinal dan Final Lomba Debat Bahasa Indonesia UBB  Ketua Panitia Feri Pristiawan, S.S.
  1. Gambaran Teknis Kegiatan
  2. Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiswa se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Ketentuan Pelaksanaan

  • Jumlah peserta maksimal adalah 16 tim
  • Setiap kampus maksimal dapat mengirimkan dua tim perwakilan
  • Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengirimkan biodata peserta ke email kantorbahasababel@gmail.com paling lambat tanggal 30 April 2015.
  • Pendaftaran bisa ditutup lebih awal oleh panitia jika peserta telah memenuhi kuota maksimal.
  • Sistem debat menggunakan 3 kali babak penyisihan, quarter final, semi final, dan final
  • Pelaksanaan lomba ini sedikit menggunakan format “Australasian Parliamentary” dengan sedikit perubahan dalam durasi waktu bicara peserta dan beberapa hal teknis. Teknis singkat sistem ini yakni ada dua tim (pro) dan (Kontra) yang  terdiri dari masing-masing 3 orang yang saling mendebatkan sebuah masalah dari dua sudut pandang yang berseberangan. Tim pro membawa kasus pada pandangan menyetujui mosi/tema debat dengan pendapat dan bukti yang relevan. Tim Pro harus terlebih dahulu menjelaskan maksud dan arah tujuan dari tema atau hal yang akan menjadi perdebatan dengan memberikan definsi dan urgency/alasan mengapa tema harus disetujui.

Pembagian waktu dan urutan debat adalah sebagai berikut :

  • Pembicara pertama tim pendukung : 7 menit
  • Pembicara pertama tim oposisi : 7 menit
  • Pembicara kedua tim pendukung : 7 menit
  • Pembicara kedua tim oposisi : 7 menit
  • Pembicara ketiga tim pendukung : 7 menit
  • Pembicara ketiga tim oposisi : 7 menit
  • Pidato penutup tim oposisi : 5 menit
  • Pidato penutup tim pendukung : 5 menit

Dalam kompetisi ini akan menggunakan 3 kali babak penyisihan dimana satu tim akan bertanding sebanyak 3 kali sebelum dihitung jumlah kemenangan, margin, dan total nilai semua pembicara. Delapan tim terbaik selama babak penyisihan akan masuk babak perempat final dengan komposisi terbaik 1 bertemu terbaik 8, terbaik 2 bertemu terbaik 7, terbaik 3 bertemu terbaik 6, dan terbaik 4 bertemu terbaik 5. Pada babak selanjutnya

  • Total jumlah mosi sebanyak 8 mosi, dan pada setiap babak penyisihan akan dipilih satu mosi yang sama untuk diperlombakan secara bersamaan
  • Juara 1-4 akan mendapat uang tunai, piala, dan piagam penghargaan. Sedangkan peringkat 5-16 akan mendapatkan piagam penghargaan.
  • Juara pertama akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pekan Bahasa se-Sumatera.

8 Tema/mosi debat untuk keseluruhan pelaksanaan lomba 4 tema pilihan Babak penyisihan

  1. Penggunaan bahasa Indonesia wajib digunakan pada nama acara di media televisi
  2. Penggunaan bahasa di media sosial menyebabkan bahasa Indonesia sehari-hari menjadi lebih buruk.
  3. Mata pelajaran Bahasa Indonesia wajib diajarkan di sekolah internasional yang ada di Indonesia.
  4. Kedudukan bahasa daerah sejajar dengan bahasa Indonesia.

4 tema pilihan Babak Quarter final sampai Final 1. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) wajib sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan publik 2. Bahasa Inggris lebih penting daripada bahasa Indonesia untuk meningkatkan peran bangsa Indonesia dalam masyarakat ekonomi ASEAN 3. Pidato pejabat negara Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri, wajib menggunakan bahasa Indonesia 4.Nama produk yang berada di Indonesia wajib menggunakan bahasa Indonesia

  1. Lomba Cerdas Cermat Bahasa Indonesia Tingkat SLTA se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

KETENTUAN PELAKSANAAN

  1. Peserta merupakan SLTA perwakilan dari 7 Kabupaten/Kota
  2. Jumlah peserta/Kabupaten dibagi rata dari jumlah total tim yakni 25 tim
  3. Batas pendaftaran 17 April 2015, dan bisa ditutup lebih awal jika telah memenuhi kuota 25 Tim
  4. Pangkalpinang mendapat kuota 5 tim, sedangkan 6 Kabupaten lain mendapat kuota 4  perwakilan tim untuk 4 Kabupaten di Bangka dan 2 tim untuk Kabupaten di Belitung.
  5. Lomba dilaksanakan dalam dua tahap : penyisihan dan final.
  6. Penyisihan dilaksanakan dalam 5 sesi. Setiap sesi terdiri dari 5 tim dan penentuan kelompok dengan undian.
  7. Penonton, peserta lain yang tidak sedang bertanding, atau siapa pun tidak diperkenankan menjawab soal atau memberi tahu jawaban kepada peserta dalam bentuk apa pun. Jika diketahui ada pendamping/pendukung melakukan hal tersebut, diberikan hukuman berupa pengurangan nilai sebesar 50 poin.
  8. Para penonton ataupun pendukung diharap tertib dan dilarang  membuat kegaduhan ketika lomba sedang berlangsung.
  9. Pertanyaan seputar Bahasa dan sastra Indonesia dan daerah.

Babak Penyisihan : Soal Undian

  1. Masing-masing regu diberikan nilai awal sebesar 50 poin.
  2. Peserta diminta mendengarkan soal secara penuh sebelum memencet bel.
  3. Batas waktu menjawab tim yang mendapat giliran 15 detik (dimulai setelah juri selesai membacakan soal).
  4. Jika tim yang mendapat giliran tidak bisa menjawab soal atau jawaban yang diberikan salah, soal menjadi rebutan tim lain (pencet bel).
  5. Setiap tim selain yang mendapat giliran, hanya diberi satu kesempatan menjawab soal.
  6. Bobot nilai babak penyisihan 25 poin.
  7. Tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab.

Babak Penyisihan : Soal Rebutan

  1. Peserta boleh memencet bel tanpa harus menunggu soal selesai dibacakan.
  2. Setiap tim hanya diberi satu kesempatan menjawab soal.
  3. Bobot nilai soal rebutan babak penyisihan 50 poin.
  4. Tim yang telah salah menjawab mendapat pengurangan nilai sebesar 25 poin dan tidak diperkenankan menjawab soal tersebut kembali.
  5. Juri akan menyelesaikan pertanyaan untuk tim lain (jika tim sebelumnya salah menjawab).
  6. Batas waktu menjawab tim yang mendapat giliran 10 detik (dimulai setelah memencet bel).
  7. Jika nilai tertinggi diraih oleh dua/lebih tim, juri akan memberikan lima pertanyaan tambahan rebutan untuk menentukan tim yang akan masuk ke babak final.

  Babak Final: Soal Undian

  1. Masing-masing regu diberikan nilai awal sebesar 50 poin.
  2. Batas waktu menjawab tim yang mendapat giliran 15 detik (dimulai setelah juri selesai mambacakan soal).
  3. Jika tim yang mendapat giliran tidak bisa menjawab soal atau jawab yang diberikan salah, soal menjadi rebutan tim lain (pencet bel).
  4. Setiap tim selain yang mendapat giliran, hanya diberi satu kesempatan menjawab soal.
  5. Bobot nilai babak penyisihan 25 poin.
  6. Tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab.

Babak Final: Soal Rebutan

  1. Peserta boleh memencet bel tanpa harus menunggu soal selesai dibacakan.
  2. Setiap tim hanya diberi satu kesempatan menjawab soal.
  3. Bobot nilai babak final 50 poin.
  4. Tim yang telah salah menjawab mendapat pengurangan nilai sebesar 25 poin dan tidak diperkenankan menjawab soal tersebut.
  5. Juri akan menyelesaikan pertanyaan untuk tim lain (jika tim sebelumnya salah menjawab).
  6. Batas waktu menjawab tim yang mendapat giliran 10 detik (dimulai setelah memencet bel)
  7. Jika ada dua/lebih tim yang skornya sama, juri akan memberikan lima pertanyaan tambahan rebutan untuk menentukan urutan juara 1—4.

 

  1. Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa se-Provinsi Kep. Bangka Belitung

Ketentuan Pelakasanaan

  • Jumlah peserta pada babak ini adalah maksimal 70 orang
  • Peserta merupakan mahasiswa yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  • Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan biodata dilengkapi dengan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Foto ke email Kantorbahasababel@gmail.com
  • Batas pendaftaran 17 April 2015, dan bisa ditutup lebih awal jika telah memenuhi kuota 70 peserta
  • Tema pidato berkaitan dengan unsur kebahasaan terutama untuk meningkatkan kesadaran pendengar terhadap bahasa nasional;
  • Kriteria penilaian meliputi ;
  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (bobot nilai 30%)
  • Kesesuaian tema (bobot nilai 30%)
  • Vokal dan intonasi (bobot nilai 20%)
  • Gerak tubuh dan kontak mata (bobot nilai 15%) dan
  • Ketepatan waktu (bobot nilai 5%)
  • Setiap peserta diberikan waktu tampil selama 7 menit.
  • Para peserta wajib menggunakan baju bebas pantas (disarankan menggunakan almamater kampus)

Babak Penyisihan :

  • Setiap peserta diminta menampilkan 1 dari 3 tema pidato pilihan
  • Durasi tampil 7 menit dan dimulai ketika peserta mengucapkan kata pertama di atas panggung
  • Pada babak ini akan diambil 10 besar dari total maksimal 70 peserta
  • Pelaksanaan babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2015

Babak Final

  • Peserta diminta menampilkan 1 tema wajib yang sama yang akan diberikan pada tanggal 13 Mei 2015
  • Durasi tampil 7 menit dan dimulai ketika peserta mengucapkan kata pertama di atas panggung
  • Peserta terbaik 1-6 akan mendapatkan hadiah uang tunai, piala, dan piagam penghargaan.
  • Juara pertama akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pekan Bahasa se-Sumatera.

 Tema babak Penyisihan 1.Peran pemuda dalam menjaga martabat bahasa Indonesia di daerah perbatasan 2. Peran media massa dalam mendukung penguatan bahasa Indonesia 3.Pentingnya sastra Indonesia sebagai pembentuk karakter bangsa  

  1. Lomba Pewara untuk protokoler lembaga/Instansi pemerintah;

Ketentuan Pelakasanaan

  • Jumlah peserta pada babak ini adalah maksimal 50 orang
  • Peserta merupakan PNS atau (PTT) Instansi pemerintah
  • Tema acara disesuaikan dengan protokoler Instansi secara umum;
  • Peserta diwajibkan membuat teks acara untuk diserahkan kepada panitia ;
  • Kriteria penilaian meliputi :
  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (bobot nilai 30%)
  • Kejelasan vokal dan intonasi (bobot nilai 30%)
  • Gerak tubuh, ekspresi, dan pakaian (bobot nilai 20%), dan
  • Kesesuaian teks;
  • Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan biodata diri dan asal usul instansi dilengkapi dengan Foto ke email Kantorbahasababel@gmail.com
  • Batas pendaftaran 17 April 2015, dan bisa ditutup lebih awal jika telah memenuhi kuota 50 peserta
  • Setiap peserta diberikan waktu tampil selama 7-10 menit.
  • Para peserta diberikan kebebasan mengatur tempo antar mata acara dengan menyesuaikan waktu yang telah diberikan
  • Para peserta wajib menggunakan baju bebas pantas (disarankan menggunakan atribut instansi masing-masing)

Babak Penyisihan :

  • Pada babak ini dilakukan proses seleksi dari 50 peserta menjadi 10 besar
  • Setiap peserta diminta memilih 1 dari 2 konsep acara yang telah disediakan yakni Pembukaan dan penutupan seminar atau Pembukaan dan Penutupan Rapat

Babak Final

  • Peserta diminta menampilkan 1 konsep acara yang sama dan akan diberikan pada tanggal 14 Mei 2015.
  • Terbaik 1-6 akan mendapatkan uang tunai, piala, dan piagam penghargaan.
  • Juara pertama akan mewakilli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pekan Bahasa se-Sumatera.

 

  1. Lomba Mengajar Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk Guru SD

Ketentuan Pelakasanaan

  • Jumlah peserta pada babak ini adalah maksimal 50 orang;
  • Peserta merupakan guru SD baik PNS maupun honorer di Provinsi Kepulaluan Bangka Belitung;
  • Mata Pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut tidak dikhususkan;
  • Peserta dibebaskan untuk menyiapkan materi pelajaran yang akan ditampilkan dengan menyiapkan RPP pengajaran dan dikirim paling lambat ketika teknikal meeting.
  • Media pembelajaran bersifat bebas (dikonfirmasikan dengan panitia):
  • Kriteria penilaian yaitu :
  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (bobot nilai 40%)
  • Penggunaan materi dan metode ajar (bobot nilai 30%)
  • Penggunaan media pembelajaran (bobot nilai 15%)
  • Penampilan (intonasi, gerak tubuh, dan keaktifan) (bobot nilai 15%)
  • Waktu yang diberikan kepada tiap peserta selama 10-15 menit.
  • Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan biodata diri dan asal usul instansi dilengkapi dengan Foto ke email Kantorbahasababel@gmail.com
  • Batas pendaftaran17April 2015, dan bisa ditutup lebih awal jika telah memenuhi kuota 50 peserta

Babak Penyisihan :

  • Pada babak ini dilakukan proses seleksi dari 50 peserta menjadi 6 besar
  • Setiap peserta diminta menampilkan cafa mengajar berbahasa Indonesia sesuai RPP yang telah dipersiapkan

Babak Final

  • Peserta diminta menampilkan 1 materi ajar yg sama seperti yang telah diberikan panitia pada hari penyisihan.
  • Terbaik 1-6 akan mendapatkan uang tunai, piala, dan piagam penghargaan.
  • Juara pertama akan mewakilli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pekan Bahasa se-Sumatera.

Catatan Tambahan Karena keterbatasan panitia maka diharapkan semua peserta mematuhi semua proses dari pendaftaran sampai pelaksanaan. Untuk keterangan lebih lanjut dapat langsung ke Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung di jalan Yos Sudarso Nomor 7, Pangkalpinang atau dapat menghubungi saudara. Feri Pristiawan (lomba debat)   : (0852 2841 4996) Prima Hariyanto (lomba cerdas Cermat) : (0817811525) Dwi Oktarina (Lomba Pidato) : (0857 4345 5691) Dea Letriana (Lomba Pewara) : (0856 9431 7234) Edwin Dwijaya (lomba Mengajar) : (0852 6786 8270) Pertemuan Teknis seputar lomba akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei di SMAN 4 Pangkalpinang pukul 13.00 sampai selesai                                                                                                                                Pangkalpinang, 9 Maret 2015 Mengetahui Kepala, Drs. Umar Solikhan, M.Hum. NIP 1968080819981001 posting lomba cerdas cermat posting lomba pidato posting lomba mengajar posting lomba pewara lomba debat bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s